Pertama Ada Ayam Gulingan di Kuningan, Hmmmm Bikin Ngiler

Desember 21, 2020

KUNINGAN (MASS) - Bagi kalian yang masih bingung nyari 'buruan' makanan, temoat yang satu ini bisa jadi pilihan, Gulingan.id, Ayam Guling Kuningan.

Sesuai namanya, yang disajikan di tempat ini adalah Ayam Guling Pangga yang bikin 'ngiler' dari liat fotonya saja. Bayangkan seekor seekor dengan bentuk yang tidak dipotong-potong, kecuali kepala dan ceker, dibumbui dan dipanggang hingga kulitnya menguning kehitaman.

Konsepan ayam guling sendiri memang seperti itu. Mungkin, kita lebih familiar dengan bakakak dalam hidangan liwet atau tumpeng. Secara tampilan, cukup mirip pengolahan.

Gulingan.id sendiri berada di Jalan Raya Cugugur, tepat di sekitar wilayah SMK Muhammadiyah. Pemiliknya adalah warga Cigugur bernama Benny Sudrajat.

Pada kuninganmass.com dirinya menjelaskan, hidangan ayam dengan proses panggang hingga 2,5 jam itu, mungkin pertama di Kuningan sebagai pelopor ayam guling.

"Kalo di luar kota sebenernya udah banyak. Apalagi di Bali," jelasnya beberapa waktu lalu.

Kuninganmass.com sendiri mencoba ayam guling secara langsung. Dengan porsi yang besar, kulit ayam terpanggang dengan sempurna saat kuta mulai membelah dan mencicipinya. 

Meski begitu, daging di dalamnya sangat lembut. Bahkan tekstur tulang pun mulai rapuh dan tidak terlalu keras. Mungkin proses panggang yanh lama laporan seperti itu. 

Lebih jauh, dagingnya ternyata sangat empuk. Tidak heran semua orang bisa makan disana. Empuknya daging, ditambah sambel yang bisa kuta pilih disana jenisnya, sangat cocok. Lebih mantap hangat hangat. Apalagi di musim hujan. 

Gulingan.id sendiri mulai beroperasi di tanggal cantik, 12-12-2020. Benny memasarkannya via offline juga online. Dirinya menjamin, masakannya sangat sehat dan unik, selain tidak dipanggang menggunakan arang, masakannya pun aman tidak berpengawet.

Benny yang basicnya di dunia kesehatan, juga menyesuaikan masakannya sehingga sangat rendah lemak dan memastikan ayam selalu segar.

"Ayam potomg yang fresh, lalu masuk pengeringan, marinasi (proses pelumasan bumbu di dalam dan luar bagian ayam, red) semalaman dan siangnya kita panggang," sebutnya.

Saking banyaknya satu porsi Ayam Guling, sangat cocok dinikmati untuk satu keluarga. Setidaknya, satu-satunya ayam bisa dimakan untuk 4 orang.

"Kalo mau pesen, bisa PO di Instagram gulingan.id atau langsung via WA," jelasnya.

Biasanya, para pelanggan memang harus PO untuk dapat menikmatinya secara tepat. Karena prosesnya yang lama, ayam siap makan biasanya ready pada jam 11-12 siang, serta sore sekitar pukul 15.00 hingga sore.

Meski baru beberapa hari buka, Benny yang ditemani sang istri waktu diwawancarai mengaku sehari bisa menjual sampai 25 ekor. Apalagi harganya cukup terjangkau. Hanya 59 ribu, untuk satu ayam dengan porsi keluarga.

"Semoga bisa semakin maju, dan diterima dengan baik di Kuningan," jawabnya saat ditanyai harapan kedepan. (eki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »