BPKN RI ke Kuningan, Puji Bupati dan BPSK

Oktober 15, 2020

KUNINGAN (MASS)- Setelah melaksanakan kegiatan bersama Dinas Kopdagperin, BPSK dan LPKSM, komisioner BPKN Lasminingsih mengunjungi Bupati Kuningan H Acep Purnama di ruang kerjanya, Kamis (15/10/2020) siang.

Didampingi Kabag kelembagaan dan kerjasama BPKN RI Eka Puti, Mini sapaan Lasminingsih langsung diterima oleh Bupati Acep. 

Turut hadir mendampingi Bupati, Plt Kepala Dinas Kopdagperin kabupaten Kuningan Ir. Bunbun Budyasa dan Ketua BPSK Acep Tisna dan anggota BPSK M. Noor.

Menyampaikan kedatangannya, Lasminingsih menyampaikan terima kasihnya atas segala bentuk perhatian Pemkab Kuningan atas kepeduliannya terhadap masalah perlindungan konsumen.

"Kami sangat bangga dengan keberadaan BPSK Kuningan, terlebih dukungan dan perhatian Bapak Bupati dalam menyiapkan kantor untuk BPSK,” ujar Lasminingsih membuka pembicaraan.

Mini melihat,  keberadaan BPSK Kuningan  sangat bagus dlaam penanganan perkara pengaduan konsumen. Ditambah SDM yang bagus ditunjang dukungan bupati semakin memperkuat eksistensi BPSK.

“Apa yang kami liat disini, apa yang kami bahas disini akan kami sampaikan kepada Ketua BPKN , Dr. Rizal karena beliau juga yang menugaskan kami ke Kuningan melihat keberadaan BPSK yang dinilai bagus,” tambahnya .

Lebih lanjut Mini mengatakan, sebagai Ketua Komisi 2 yang membidangi masalah kelembagaan dan kerjasama, tentu ia  sangat terkesan atas kunjungan pertama kami ke kabupaten Kuningan.

Khususnya kata dia, dalam bentuk perhatiannya dalam penanganan sengketa konsumen. Ini perlu menjadi contoh bagi kabupaten / kota lain dalam pelaksanaan tugas dan fungsi BPSK.

Sementara Bupati Kuningan, H. Acep Purnama menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan komisioner BPKN dan menyampaikan salam kepada Ketua BPKN RI Dr. Rizal.

"Salam hormat juga kepada Dr. Rizal, dan selamat atas pelantikan beliau sebagai ketua BPKN yang baru. semoga keberadaan BPKN dan BPSK semakin melindungi hak-hak dan kewajiban konsumen serta juga tetap menjaga menjaga hak-hak pelaku usaha," ucap bupati.

Bupati Acep  menerangkan, ketika kemarin datang berkunjung ke BPSK, ia menanyakan berbagai hal termasuk pengaduan-pengaduan  yang masuk.

“Alhamdulillah semuanya dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada yang merasa dirugikan," sebutnya.

Acep mengaku sangat berterima kasih atas semua penilaian dari BPKN terhadap Pemkab Kuningan dan juga BPSK Kuningan.  Hal tersebut semata-mata dilakukan untuk masyarakat, khususnya konsumen yang merasa dirugikan.

Ia berharap semoga kedepan kiprah BPSK semakin baik lagi, dan pihaknya terus berharap masyarakat konsumen merasa tenang dan nyaman.

Begitupun sebaliknya pelaku usaha juga lebih maju dan tidak hanya memperhatikan haknya saja, tetapi juga dapat memperhatikan hak-hak konsumen.

 “Jadi hak dan kewajiban kedua pihak harus seimbang,” tegasnya.

Diakhir acara bupati dan BPKN bertukar cinderamata sekaligus berfoto bersama.

Sebelumnya , di hari yang sama beertempat di Gedung Dekopinda Kabupaten Kuningan, Lasminingsih dan Kabag Kelembagaan dan Kerjasama BPKN RI melaksanakan kegiatan bersama Dinas Kopdagperin, BPSK dan LPKSM Perisai Rakyat Kuningan (PERAK).

Kegiatan tersebut merupakan tugas dari BPKN RI khususnya komisi 2 yang membidangi soal kelembagaan dan kerjasama. Lasminingsih sendiri adalah Ketua Komisi 2 di lembaga negara tersebut.

Dari hasil kegiatan tersebut ditemukan capaian kinerja lembaga perlindungan konsumen di daerah, termasuk BPSK dan LPKSM. 

Dari situ juga diperoleh hasil-hasil, apa yang menjadi kendala, hambatan dan sejauh mana perkembangannya lembaga tersebut dalam melaksanakan perlindungan konsumen. (agus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »