Jelang Libur Nataru Ke Kuningan Harus Bawa Bukti Rapid Antigen??

Desember 23, 2020

 

KUNINGAN (MASS) - Menjelang libur panjang batal dan tahun baru di masa pandemi, membuat banyak orang bertanya-tanya. Tak terkecuali warga Kuningan.

Banyak yang mempertanyakan, apakah kalau pergi ke Kuningan, baik untuk pulang kampung atau berlibur perlu tes PCR / Antigen atau terlebih dahulu terlebih dahulu? 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang sangat wajar. Mengingat, saat awal wabah merebak, Kuningan merupakan daerah yang terbilang ketat dalam membuat aturan.

Untuk memastikan hal tersebut, kuninganmass.com mencoba mengkonfirmasikannya kepada Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana S STP. 

Melalui percakapan singkat, mantan Camat Subang ini menjawab bahwa hal tersebut, di Kabupaten Kuningan masih rencana. 

"Untuk Kuningan baru rencana kang. Surat edaran rencana sama Disporapar," jawabnya melalui pesan singkat, Selasa (22/12/2020) malam. 

Saat ditanyai lebih lanjut tentang kemungkinan yang akan terus berlanjut. Indra Bayu belum memberi penjelasan. 

Namun, perlu diketahui untuk beberapa angkutan umum jarak jauh aturan itu sudah menunjukan hasil negatif dari Rapid Antigen atau PCR Swab sudah dibuat. Salah satunya pengguna KAI jarak menengah / jauh pulau jawa. 

Hal itu seperti diutarakan VP PT KAI Daop 3 Cirebon Wisnu Pramudyo. dalam siaran persnya, Wisnu menyebut calon penumpang jarak menengah / jauh PT KAI wajib menunjukan hasil tes Antigen atau Swab Cepat. 

Mulai 22 Desember 2020 sd 8 Januari 2021. Pelanggan diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Test Antigen negatif yang sesuai selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal. (H-3) atau Swab Tes PCR dengan hasil negatif paling lambat 14 hari sebelum digunakan (H -14), "sebutnya. 

Syarat diatas sendiri, tidak diwajibkan untuk penumpang dengan usia dibawah 12 Tahun. Meski begitu, setiap penumpang harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. 

Namun untuk penumpang yang belum sempat melakukan tes, di KAI Daop 3 Cirebon juga tersedia 

Sebagai peningkatan pelayanan KAI menyediakan layanan Rapid Test Antigen di stasiun dengan harga Rp105.000. Layanan ini tersedia melalui Sinergi BUMN dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup, "imbuhnya. 

Pada tahap awal, di wilayah Daop 3 Cirebon layanan tersebut tersedia di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan.

Dikarenakan proses pelayanan Rapid Test Antigen waktu yang lebih lama dibanding Rapid Test Antibodi, maka calon pelanggan agar siapkan waktu yang cukup untuk melakukan tes tersebut. 

Disebutkan, masyakarat yang ingin menggunakan layanan Rapid Test Antigen di Stasiun, diimbau untuk melakukan H-1 perjalanan untuk menghindari jika dilakukan di hari libur. (eki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »