Yosa : Ada 3 Daerah Otonomi Baru di Jawa Barat

November 25, 2020





KUNINGAN (MASS)- DPRD Jabar melalui Komisi 1 dan Pemprov Jawa Barat yakni Gubernur Ridwan Kamil menyepakati bersama tiga calon daerah persiapan otonom baru (CDPOB) dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Jumat pekan lalu (4/12/2020).

Adapun 3 wilayah baru itu adalah Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat.

Yosa Octora Santono SSi MM sebagai Anggota Komisi 1 DPRD Jabar bidang Pemerintahan bersama Anggota Komisi 1 lainnya telah melakukan kunjungan dan kajian ke beberapa daerah khususnya Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDOPOB) di Jawa Barat.

 

Komisi 1 menyatakan Ketiga daerah itu layak untuk disetujui Bersama oleh DPRD Jabar dan Gubernur Jawa Barat.

 

Hingga kini pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium. Namun ia berharap ketiga CDPOB itu bisa segera di proses menjadi DOB.

 

“Prosesnya memang masih Panjang, aka nada tim independent yang menilai kelayakan,” jelasnya.

 

Kesepakatan itu bakal berlanjut untuk pengusulan kepada pemerintah pusat.

 

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, pemerintah pusat akan melakukan penilaian mengenai persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan administrasi di tiga kabupaten induk.

 

Hasil penilaian akan disampaikan kepada DPR RI dan DPD RI. Pembahasan antara eksekutif dan legislatif di tingkat provinsi ini berdasrkan usulan dari tiga pemerintah daerah induk.

 

“Jika dinyatakan memenuhi persyaratan, maka pemerintah akan membentuk tim independen yang bertugas melakukan kajian terhadap persyaratan, yang terdiri atas tujuh parameter,” ujar Ridwan.

 

Pasal 33 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pembentukan daerah persiapan harus memenuhi persyaratan dasar dan persyaratan administratif.

 

Adapun Kabupaten Sukabumi Utara terdiri dari 21 kecamatan, dan pusat pemerintahan terletak di Kecamatan Cibadak. Sedangkan Kabupaten Garut Selatan terdiri dari 15 kecamatan, dan pusat pemerintahan berada di Kecamatan Mekarmukti.

 

Sementara Kabupaten Bogor Barat terdiri dari 14 kecamatan, dan lokasi ibu kota daerah berada di Kecamatan Cigudeg.

 

Yosa pun mengajak semua pihak untuk sama-sama mengawal aspirasi dari masyarakat tersebut.

 

Ia mengatakan salah satu tujuan pembentukan DOB untuk memangkas birokrasi pelayanan dan berharap layanan pemerintahan dapat lebih maksimal dan dirasakan masyarakat.

 

“Seperti halnya Kabupaten Pangandaran yang mengalami pertumbuhan signifikan sejak menjadi DOB,” pungkasnya. (agus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »