Yosa : Ada Pemekaran Wilayah Lagi di Jawa Barat

Desember 21, 2020

 


KUNINGAN (MASS)- Setelah pekan lalu DPRD Jabar dan Gubernur menyetujui usulan Calon Daerah Otonomi Baru (CDPOB), yaitu Garut Selatan, Sukabumi Utara dan Bogor Barat dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar.

 Kini, Yosa Octora Santono bersama Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat lainnya melakukan Kunjungan Kerja dan menghadiri undanganKomite Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (KPP DOB) Kota Cikampek di Aula Balai Desa Cikampek Kota, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Sabtu (19/12/2020).

 

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Yosa mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Cikampek untuk mendukung pemekaran Kota Cikampek karena sudah memenuhi syarat untuk pemekaran.

 

Dikatakan, masih perlu dukungan dari semua pihak agar dapat terlaksana karena harus melalui beberapa tahap serta proses untuk dikaji terlebih dahulu dan itu waktunya tidak sebentar.

 

“Komisi I DPRD Jabar akan terus mendukung untuk calon daerah otonomi baru, karena target dari pada daerah otonomi baru di Jawa Barat harus bisa mencapai 47 Kabupaten Kota,” sebut Yosa

 

Dalam presentasinya, Yosa menyampaikan progres dan kendala yang dihadapi KPP DOB. Proposal Usulan pembentukan Daerah Persiapan Kota Cikampek pemekaran Kabupaten Karawang yang berisi Persyaratan Kewilayahan, Berita Acara Musyawarah Desa calon cakupan wilayah Kota Cikampek yang terdiri dari 7 Kecamatan dan 75 desa.

 

Telah disampaikan ke Bupati dan DPRD Karawang serta ke Gubernur dan Komisi I DPRD jawa Barat. Yosa berharap Pemkab Karawang segera melakukan persetujuan bersama Bupati dan DPRD dan memasukan pembentukan DOB kota Cikampek dalam RPJMD Kab. Karawang 2021-2026.

 

“Secara persyaratan dasar dan potensi wilayah telah cukup layak. Pemekaran jangan sampai membuat Kabupaten induk koleps,” lanjut Yosa.

 

Kalau dilihat kasat mata dari paparan, PDRB kota Cikampek memenuhi syarat. Tapi DPRD akan mengkaji lebih dalam secara akademis dan meminta pada Pemprov melalui Biro Pemerintahan untuk memprioritas Kota Cikampek dan menganggarkan tahun 2021.

Begitupun dengan Lembang (Bandung Barat) dan Cipanas (Cianjur) telah diusulkan menjadi Kota Lembang dan Kota Cipanas sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) di Jawa Barat.(agus)

 

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »